04022821448
manbaubau01@gmail.com

Berita

MAN 1 Baubau

  • Diikuti 190 Orang - MATSAMA Peserta Didik Baru MAN 1 Baubau Resmi Ditutup
18 Jul 2024
Diikuti 190 Orang - MATSAMA Peserta Didik Baru MAN 1 Baubau Resmi Ditutup

Baubau (Sultra-Kemenag) --- Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) merupakan masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah bagi peserta didik baru agar mengenal lingkungan baru, teman baru, situasi dan kondisi baru sehingga siswa baru merasa senang dan nyaman serta siap secara mental untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di Madrasah yang baru. Dengan demikian, MATSAMA merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan pada setiap madrasah, tidah terkecuali Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Baubau. 
Kegiatan MATSAMA bagi peserta didik baru MAN 1 Baubau Tahun Pelajaran 2024/2025 telah dilaksanakan selama empat hari yang pembukaannya dilaksanakan pada tanggal 15 Juli dan penutupannya pada tanggal 18 Juli 2024 oleh Kepala MAN 1 Baubau Drs. Rusli Ewa, S.H.I.,M.A. Peserta MATSAMA berjumlah 190 siswa yang terdiri atas 96 putra dan 94 putri. 
 Kegiatan MATSAMA dirancang dan didesain sedemikian rupa oleh Panitia yang diketuai oleh Edi Prayidno, S.Pd. dengan berpedoman pada Petunjuk Teknis (Juknis) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI Tahun 2024 yaitu kegiatan yang edukatif, kreatif, dan menyenangkan. Kegiatan tersebut dikemas dalam delapan materi yang disampaikan oleh delapan pemateri pula. 
 Materi dan pemateri kegiatan MATSAMA yaitu Implementasi Visi dan Misi Madrasah (Drs.Rusli Ewa, S.H.I.,M.A./Kepala Madrasah); Tata Tertib Madrasah (Drs. Rusli/Guru); Orientasi Kurikulum dan Kegiatan Ekstrakurikuler (La Ode Rusdin Ato, S. Pd); Moderasi Beragama (Aludin, S. Ag., M.Pd.I./Guru); Bahaya Miras, Narkoba, dan Bullying (Sunaryo Rasit, S.Pd./Guru); Pencegahan Cyber Crime, Perjudian Online, dan Bijak Bermedsos (Abdul Manaf, S.Pd./Guru); Pengenalan Organisasi Siswa Madrasah (Ahmad Hairun Syahrir, S.Ag., S.Pd./Guru); dan Eksplorasi Minat dan Bakat Siswa yang dilaksanakan di lapangan terbuka dan diarahkan kan oleh panitia serta didampingi oleh Pengurus OSIS. 
Dalam sambutannya saat acara pembukaan Kepala Madrasah menyapaikan harapannya kepada peserta MATSAMA agar bisa mengembangkan talentanya di MAN 1 Baubau. 
"Saya harapkan kepada yang memiliki bakat dan minat agar bisa mengembsngkan talentanya di Madrasah ini. Yang terpenting lagi tanamkan kedisiplinan. Selain itu, saya berharap agar kalian bisa berbangga menjadi siswa MAN karena di Madrasah ini kalian akan diajarkan ilmu dunia dan akhirat. Alumin MAN juga bisa menggeluti berbagai profesi seperti POLRI, TNI, Dokter, Kepala Daerah, dan lain-lain, " jelas Rusli Ewa dengan gamblang. 
Ketua Panitia yang juga Guru Bahasa Inggris itu menyampaikan kesan dan harapan ke depan dalam laporannya pada kegiatan penutupan. 
Pada pelaksanaan MATSAMA yang berlangsung selama empat hari ini juga dilakukan pemetaan siswa baru berdasarkan kemampuan membaca Al Qur'an dan pengetahuan tentang bacaan sholat yang dilaksanakan oleh Guru Mata Pelajaran Agama Islam. Edi Prayidno menjelaskan bahwa kegiatan pemetaan ini sangat penting untuk penuntasan buta huruf Al Qur'an dan pembinaan sholat bagi siswa baru. 
"Kegiatan eksplorasi minat dan bakat siswa merupakan materi baru pada pelaksanaan MATSAMA di MAN 1 Baubau, dan ternyata kegiatan ini mampu mengekspose sekian banyak bakat siswa baru yang tidak tampak sebelumnya. 
Harapan ke depan, semoga ada program tindak lanjut yang kreatif dan profesional dari madrasah terhadap pengembangan minat dan bakat siswa yg sudah berhasil dieksplorasi pada kegiatan MATSAMA sehingga seluruh siswa dapat memaksimalkan segala potensi yg mereka miliki", papar Edi Prayidno penuh harap.

Tinggalkan Komentar